Mui Ne

24.12.14

Pagi hari di Da Lat, staff Villa Pink House membantu menelepon travel yang kami gunakan (namanya The Sinh Tourist) sehingga kami tidak perlu repot untuk berangkat sendiri ke tempat travel tapi dijemput oleh pihak travel. Tiket bus Da Lat - Mui Ne sudah dibeli ketika masih di Ho Chi Minh seharga 119.000VND per orang, ditempuh dalam waktu 4 jam menurut perkiraan. Naik bus 7.30 pagi sampai disana 11.30.


Sepanjang jalan menikmati pemandangan, ketiduran, kebangun, singgah istirahat di sebuah warung kemudian melanjutkan perjalanan.

Bus berhenti di tengah perjalanan, mempersilahkan penumpang untuk foto panorama.


Persinggahan sementara

Pemandangan jalan menuju Mui Ne

Sampai di Mui Ne resort siang hari. Sebelum makan siang dan berkeliling Mui Ne, beli tiket bus untuk menuju Nha Trang malam itu juga. Masih menggunakan travel yang sama yaitu The Sinh Tourist, harga tiket bus Mui Ne-Nha Trang 169.000VND.

Berhubung uang terbatas, singgah di sebuah tempat makan tenda depan Mui Ne resort yang harganya ternyata tidak berbeda jauh dengan harga restaurant di sebelah-sebelah.

Sampai sekarang masih heran, kenapa kalau pesan nasi goreng di Vietnam keluarnya nasi putih ya. Aku pesan fried rice with vegetable seharga 25.000VND, yang keluar adalah nasi putih dan sayur. Bertanya sama ibu juru masaknya kenapa nasinya tidak digoreng, berhubung si ibu kurang paham maksudku akhirnya ada temannya yang bantu mentranslate. Si ibu mengambil kembali nasi putihku dan entah diracik dengan bumbu apa voilaa... nasinya berubah warna.

Jangan dibayangkan rasanya seperti nasi kuning Indonesia ya,
ga ada rasanya sama sekali. Ibarat nasi putih cuma beda warna jadi kuning. 


Sewa jeep untuk keliling Mui Ne dengan harga 250.000VND untuk 2 orang di Hanh Cafe. Jeep ini isinya gabungan dari beberapa orang yang dibuat menjadi satu grup (satu mobil bersembilan). Sebenarnya keinginan kita hanya ke White Sand Dunes dan Fishing Village, berhubung sudah termasuk dalam satu paket tour jeep jadi sekalian berkunjung juga ke Fairy Stream dan Red Sand Dunes.


Fairy Stream

Merasakan berjalan di atas pasir dan air yang terus mengalir. Untuk deposit sendal yang kita gunakan apabila tidak mau repot nenteng-nenteng (karena harus lepas sendal) dikenakan biaya 5.000VND.


Naik ke bukit pasir di Fairy Stream, tiba-tiba ada angin kencang. Pasir berhamburan menusuk kulit. Sakit juga rasanya. 

Jangan salah fokus hei.
Bukan masalah cowok di sebelah kiri yang mirip Nicsap yang lagi di Flores.
Ini pemandangan Fairy Stream dari atas bukit pasir.
Banyak kerbau di Mui Ne, tapi harganya mungkin ga ada yang ngalahin Tedong Bonga.

Fishing Village

Tour cuma ngasih waktu sebentar untuk di Fishing Village, sekitar 15-30 menit.


Pemandangan Fishing Village
Pemandangan Fishing Village & aku *no picture = hoax :p



White Sand Dunes

Masuk ke White Sand Dunes dikenakan biaya tiket masuk per orang 10.000VND.
Sewa motorbike sekitar 200 ribuan atau 300.000VND ya lupa (kalau salah ya maafkan) huehue. Salah seorang perempuan Korea yang satu group jeep dengan kita menawarkan untuk share cost. Tapi mengingat uang kita terbatas, kita memilih jalan kaki keliling gurun. 

How great thou art :')



Amazing banget viewnya, belum kesampaian ke Du Bai ya kesini dulu. Pasir di White Sand Dunes juga terasa sangat halus berbeda dengan bukit pasir yang ada di Fairy Stream.


Si perempuan Korea yang tadi mengajak kita share cost, tiba-tiba datang menghampiri kita waktu lagi asik foto-foto dan menawarkan diri membonceng kita untuk mencoba motorbike ini. Baik banget <3 saranghae :*


Sepertinya waktu berkeliling di White Sand Dunes sudah habis, karena masih ada tour ke Red Sand Dunes aku dan Devi berjalan menuju jalan keluar. Gak taunya kita malah nyasar. Mikirnya sudah kemana-mana, gimana kalau ditinggal sama tournya. Jalan kaki dari White Sand Dunes ke Mui Ne resort (tempat dimana kita naik bus menuju Nha Trang) sangat jauh. Beruntung si driver jeep ternyata nyariin kita. Membawa kita kembali ke pintu masuk White Sand Dunes dengan motorbike yang bentuknya mirip-mirip motorbike si Korean. Motorbike yang seharusnya untuk berdua kali ini dipakai bertiga. Aku dan Devi duduk ala - ala perempuan sejatinya pakai rok yang dibonceng motorbike supaya muat. Aku di sisi kiri, Devi di sisi kanan. Motorbike melaju cukup kencang. Tanpa khawatir, tanganku sibuk memegang botol berisi pasir dan handphone. 
Sampai ketika di tikungan aku terlempar dari motor. *tepuk tangan*

Awalnya terasa kaget dan sakit, tapi dalam hitungan detik rasa malu muncul dan semua rasa campur aduk jadi satu. Tanganku masih memegangi handphone, botol berisi pasir sudah terlepas dari tangan (untungnya handphone gak kenapa-kenapa haha!). Sadar aku ga ada lagi di motorbike, si driver jeep pun memberhentikan motorbike nya. Ia turun, berjalan ke arahku dan minta maaf. Aku juga dibantu untuk bangun oleh Devi dan juga seorang mas-mas yang ternyata juga orang Indonesia. Bersyukur jatuhnya di pasir bukan di aspal dan masih bisa berjalan hahahaha malu banget. 


Red Sand Dunes

Perjalanan jeep tour pun sampai di tujuan akhir yaitu Red Sand Dunes. Disini menghabiskan waktu dengan melihat matahari terbenam. Jika dibandingkan, White Sand Dunes masih lebih baik dan lebih bersih. Suasana di Red Sand Dunes juga lebih ramai pengunjung, mungkin karena letaknya berada persis di sebelah jalan besar dan masuknya tanpa dipungut biaya.


Red Sand Dunes

Di Red Sand Dunes ini aku dan Devi lebih banyak ngobrol dengan perempuan Korea yang tadi menawarkan kami untuk mencoba motorbike yang ia sewa. Baru tahu namanya Sun Mi Jung. Saling bercerita tentang diri dan ia memberikan quote yang masih kami ingat 

"When one door closes, another will opens." #quoteoftheday #instaquote





Malam hari menunggu bus datang, jalan kaki sekitar Mui Ne Resort ketemu toko lucu yang masih buka padahal sudah jam 11 malam. Kalau ga salah namanya The Crazy Boutique. (Kalau ga salah ya.. hehe)




You Might Also Like

3 comments

  1. sand dunes nyaa :)))
    keren foto+ceritanya ;)

    silahkan mampir di travel blog saya juga http://imalavins.blogspot.com/ :)

    ReplyDelete
  2. Haloo,, makasih sharingnya..
    aku juga mau kesana nih, bertanya dong untuk beli tiket bus, sewa jip, dll semuanya dilakukan disana ya? gak bisa book online dari Jakarta.
    thanks ya.

    ReplyDelete
  3. Tour Mui Ne Vietnamtravelco 's very nice

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram