Nha Trang

30.12.14

Bus menuju Nha Trang yang ditunggu-tunggu belum datang juga padahal sudah jam 1 malam. Menunggu itu membosankan, meskipun di lobby Mui Ne Resort ada wi-fi. Bus mengalami keterlambatan 1 jam dari jam seharusnya ia tiba. Jam 2 subuh bus tiba di Mui Ne Resort, masuk ke dalam bus langsung terlelap tidur.

Suasana pagi hari di bus.

Sekitar setengah 8 pagi tiba di The Sinh Tourist travel, Nha Trang. Ga pakai mandi karena toilet di travel tidak menyediakan shower ataupun kamar mandi, jadi cukup sikat gigi dan cuci muka kemudian melanjutkan perjalanan. Cuaca pagi itu berawan alias mendung. Sebelum berkeliling, lebih baik mencari tiket bus menuju Hoi An karena malamnya kita berpindah kota lagi. Tiket sleeping bus Nha Trang - Hoi An didapat dengan harga 200.000VND menggunakan bus dari travel Hanh Cafe. Lebih mahal dibandingkan dengan harga bus-bus antar kota sebelumnya karena perjalanan dari Nha Trang ke Hoi An memakan waktu 11 jam.

Hanh Cafe's name card.

Pagi hari selalu lapar. Di sekitar Hanh Cafe, ada toko buah dan jus yang lucu tempatnya. Beli jus dengan harga 30.000VND dan lagi-lagi membeli banh mi untuk sarapan dengan harga 15.000VND. Banh mi termurah 10.000VND didapat ketika di Da Lat.

Toko buahnya tertata dengan rapi.
Tempat minum jus di sebelah toko.

Nha Trang dikenal dengan little Russia. Daftar menu minuman di toko jus pun menggunakan 3 bahasa (Inggris, Vietnam, dan Rusia). Beberapa Russian disana terlihat seperti wajah-wajah bule yang ada di video klip karaoke dengan gaya pakaian agak vintage.

Daftar menu toko jus berbahasa Inggris, Vietnam, dan Rusia.

Tujuan destinasi di Nha Trang adalah ke Po Nha Gar Cham Tower dan Nha Trang Beach. Bai Dai dan Hon Chong Promontory kita take out dari plan kita karena waktunya ga cukup. Menanyakan cara naik bus lokal menuju Po Nha Gar Cham Tower pada staff di Hanh Cafe tapi tidak menemukannya, membuat kita akhirnya berjalan kaki dan menemukan Nha Trang Beach yang letaknya persis di sebelah jalan besar menuju Po Nha Gar. Beberapa caddy girl/boy ala-ala di sekitar menawari kami naik mobil terbuka menuju kesana. Jika punya uang lebih mungkin boleh dicoba.

Pemandangan pinggir jalan menuju Po Nha Gar Tower.
Nha Trang Beach.
Entah apa karena faktor cuaca,
Air lautnya tidak sebiru yang diekspektasikan atau yang dilihat di google.

Nha Trang Beach, bukan Ancol :(

Jalan raya yang letaknya persis di seberang pantai.

Sepeda dan sang pemilik.
Melihat sepeda di pantai, dipikir bagus buat jadi objek foto.
Begitu di dekati, si pemilik menghampiri sepedanya takut sepedanya dicuri.
*langsung kabur*

Berjalan sekitar 2-3 km di pinggir pantai, lalu melanjutkan perjalanan menuju Po Nha Gar Cham dengan taxi 31.000VND. Kali ini sudah lebih pinter dong kalau pilih taxi, pilih Mai LInh taxi B-)

Untuk sampai ke Po Nha Gar
kita perlu melewati jembatan yang ada di ujung kiri.

Tiket masuk Po Nha Gar seharga 21.000VND per orangnya. Boleh memililh menggunakan local guide (dengan biaya extra) atau engga, berhubung kita udah paham banget (paham uang kita pas-pasan) jadi kita tidak menggunakan local guide.

Banyak orang yang datang bersembahyang kesini.
Po Nha Gar Cham Tower.

Setelah bosan keliling-keliling Po Nha Gar, niatnya mau jalan kaki keliling Nha Trang, tapi hujan membuat kita naik taxi ke ABC Bakery (yang memang sudah recommended). Kirain disana bisa duduk-duduk lucu sembari beristirahat & numpang wi-fi. Tidak jadi makan disana, kita pun keluar lagi.

ABC Bakery

Jalan kaki kembali ke arah Nha Trang Beach, kita pun berhenti di Winner Cafe. Cuaca labil, yang tadi hujan sudah berubah menjadi panas. Ada dua tempat duduk di cafe ini, di luar dan di dalam. Kita pilih di dalam karena lebih dingin tapi memang agak gelap suasananya.

Mulai hedon. Pesan ice cream chocolate cake 44.000VND, lime juice 28.000VND,dan fried rice roasted chicken 40.000VND. Aneh nya fried rice yang dipesan lagi-lagi yang keluar bukan nasi goreng tapi steam rice (nasi putih). Bingung kan belum ketemu jawabannya. Selain adem dan bisa numpang wi-fi, disini juga bisa tidur. Lumayan istirahat sebentar sampai agak sore.
Asik bersantai ria, tiba-tiba kedatangan tamu krucil menghampiri meja.
Gemesin banget.

little cute girl from Nha Trang :)

Tidak hanya cuaca, kita juga labil. Memutuskan kembali ke ABC Bakery untuk membeli roti sebagai makan malam kemudian duduk lalu makan di pinggir Nha Trang Beach sambil menunggu matahari terbenam. Harga roti berkisar 9.000-11.000VND.

Pemandangan menjelang sore.

Sayang sore itu kita tidak melihat matahari terbenam. Tidak terlalu banyak tempat yang kita kunjungi. Nha Trang menjadi tempat persinggahan sebelum melanjutkan perjalanan menuju Hoi An.